Beranda > Dunia Islam > Polisi Israel Usir Relawan Pro-Palestina di Bandara

Polisi Israel Usir Relawan Pro-Palestina di Bandara

Polisi Israel mengusir dua relawan kemanusiaan pro-Palestina asal Amerika Serikat dari bandara Ben Gurion di kota Lud, Jumat (8/7), sebelum mereka tiba di wilayah Palestina jajahan tahun 1948. Keduanya tiba di Israel untuk ikut dalam aksi solidaritas menembus blokade Jalur Gaza.

Seperti dilansir Haarets, kedua relawan perempuan itu tiba di Lud dari Yunani untuk ikut konvoi bantuan kemanusiaan Freedom Flotilla. Namun, mereka mendapatkan hambatan banyak di bandara. Mereka diintrogasi karena mengenakan kostum bersimbol Freedom Flotilla.

Menteri dalam negeri Israel Eli Yasha mengeluarkan intruksi harus memulangkan mereka ke pesawat yang mereka tumpangi. Keduanya kini sudah dikembalikan ke Yunani.

Polisi Israel menegaskan sudah ada “kerjasama” dengan perusahaan penerbangan internasional untuk mencegah dan menghalangi sekitar 200 relawan kemanusiaan ke Gaza melalui bandara kota Lud.

Polisi Israel mengisyaratkan, daftar nama relawan dan aktivis kemanusiaan itu sudah disampaikan kepada semua perusahaan penerbangan internasional dan sudah dipertegas bahwa perjalanan mereka menuju wilayah Palestina jajahan 1948 menjadi ancaman keamanan berbahaya, karenanya, mereka dilarang masuk.

Polisi Israel juga menegaskan, relawan yang berhasil masuk dan tiba, akan diinvestigasi, dipaksa kembali secepatnya, dan akan dipaksa untuk membayar tiket kembali kepada pesawat yang membawanya.

Harian Haaretz melansir dari sumber-sumber Israel, diperkirakan akan banyak relawan internasional yang tiba siang hingga sore hari Sabtu (9/7. (Mel/Info Palestina/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *