Beranda > Hong Kong > PRT Tidak Boleh Tinggal di Luar Rumah Majikan

PRT Tidak Boleh Tinggal di Luar Rumah Majikan

kewajiban PRT asing di Hong Kong, Hak Pekerja Migran Indonesia

TANYA: Sebagai pekerja rumah tangga (PRT), bolehkah saya tinggal di luar rumah majikan?

JAWAB: Tidak boleh. Sahabat Migran, sebagai PRT, harus bekerja dan tinggal hanya di tempat kediaman majikan Sahabat, sesuai dengan ketentuan Pasal 3 kontrak kerja standar. Majikan wajib memberi Sahabat Migran tempat tinggal secara cuma-cuma , alias gratis, sesuai dengan standar yang tercantum dalam “Schedule of Accommodation and Domestic Duties”, yang merupakan lampiran dan rincian Akomodasi dan Tugas-Tugas Rumah Tangga kontrak kerja.

Seorang PRT hanya boleh tinggal di luar rumah majikan atas persetujuan Imigrasi Hong Kong, dengan syarat-syarat khusus.

(Untuk perjanjian tinggal di luar rumah majikan yang telah disetujui oleh Direktur Imigrasi sebelum tanggal 1 April 2003, PRT dibolehkan tinggal di tempat lain di luar rumah majikan selama majikan terus mempekerjakan PRT asingnya lebih dari 6 bulan berturut-turut tanpa pemutusan kontrak kerja.)[]

Sumber: Buku Pedoman Praktis untuk Pramuwisma Asing Labour Department Hong Kong

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *