Wednesday, January 16, 2019
Beranda > Indonesia > SBY: Mari Protes Terry Jones Secara Damai

SBY: Mari Protes Terry Jones Secara Damai

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai bahwa rencana pembakaran al-Quran oleh seorang warga Amerika Serikat (AS), Terry Jones, tidak saja melukai perasaan umat Islam namum juga mengusik umat agama lain. Oleh karena itu, Yudhoyono mendukung aksi penolakan yang digalang para pemuka antaragama di mancanegara, termasuk Indonesia.

“Rencana Terry Jones yang akan membakar Quran tidak hanya melukai perasaan umat Islam, tapi juga umat lain,” kata Yudhoyono dalam pidato khusus dalam bahasa Indonesia dan Inggris di Istana Negara, Jumat 10 September 2010. Yudhoyono didampingi oleh para pemuka lintas agama terkemuka di Indonesia.

Pernyataan Yudhoyono itu dilontarkan beberapa jam setelah Jones menyatakan bahwa dia akan “membatalkan” acara pembakaran Quran di depan gereja yang dia pimpin, Dove Outreach Center, pada Sabtu 11 September 2010. Namun, informasi terkini dari kantor berita Associated Press menyebutkan bahwa Jones meralat kata “membatalkan,” melainkan “menangguhkan” hingga ada kesepakatan “barter” mengenai pemindahan proyek Islamic Center dari dekat Ground Zero di New York.

Yudhoyono berharap para umat beragama di seluruh dunia mesti bersatu mencegah rencana Jones, yang tidak bermoral itu. Maka, Yudhoyono berterima kasih kepada para pemuka agama di Indonesia yang tetap kompak dan bersatu serta tidak terprovokasi melakukan aksi yang anarkis.

“Ini contoh yang baik, ada tindakan kolektif yang sehat dan dapat selesaikan masalah. Apapun masalah yang terjadi antarumat beragama, membakar kitab suci, merusak rumah ibadah, pengeboman adalah tindakan tidak beradab. Oleh karena itu mari kita cegah bersama,” kata Yudhoyono.

“Saya berharap kalau ada protes, unjuk rasa, hendaknya dalam suasana damai. Cegah kekerasan, cegah anarki. Kita satu, kita sama-sama terusik dan tidak menghendaki apa yg direncanakan Terry Jones,” lanjut Yudhoyono.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyono telah menyampaikan pesan khusus kepada Presiden AS, Barack Obama, mengenai keprihatinan Bangsa Indonesia atas rencana Jones itu dan mendesak Pemerintah AS untuk mencegah aksi itu. Selain itu, Yudhoyono juga menelpon Sekjen PBB agar turut mengambil langkah-langkah mencegah rencana Jones dan aksi-aksi yang bisa memecah kerukunan antarumat. (VIVAnews/TVOne).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *