Beranda > Info DD > SDSB DD Hong Kong, Berbagi Berkah Ramadhan

SDSB DD Hong Kong, Berbagi Berkah Ramadhan

Program Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) “Satu Da’i Seribu Berkah” (SDSB) merupakan bagian dinamika DDHK selama Ramadhan 1431 H di tengah para Buruh Migran Indonesia (BMI) atau perantau Indonesia di “negeri beton” ini.

Program ini seiring dengan meningkatnya dinamika “Volunteer” DDHK berperan aktif berjihad dengan jalur zakat. Kantor DDHK di Haven Street Causeway Bay pun sibuk dengan berbagai aktivitas, mulai pembagian tugas mempersiapkan konter pembayaran, mengatur petugas lapangan, hingga mempersiapkan tools marketing dengan standarisasi DD. Para relawan dari kalangan BMI pun menyebar di seluruh HK, termasuk di kawasan Victoria Park –alun-alunnya HK yang menjadi “tempat mangkal” para BMI yang tengah berlibur dengan segudang aktivitas.
Dengan meluncurkan Program SDSB, DDHK dengan dukungan Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) HK “memakmurkan” Ramadhan 1431 H dengan pembinaan spiritual untuk para BMI di shelter-shelter (tempat penampungan BMI bermasalah) dan halaqoh-halaqoh atau perkumpulan. Ustadz-ustadzah yang diundang DDHK tahun ini dan “menebar berkah ilmunya” kepada sebagian dari 136.000 BMI antara lain Ustadz. Qodrat SQ dari Al-Azhar Jakarta, Izzuddin Abdul Manaf, Ustadzah Anggraini Husin, Zahrina Nurbaiti, dan Eva Muzlifah.

Bersama mereka, para BMI mendapat sentuhan rohani penenang jiwa penentram hati untuk memaknai Ramadhan penuh berkah. DDHK mengatur jadwal kunjungan ke setiap shelter dan organisasi dakwah.

Tim asatidz tersebut disebar ke berbagai tempat atau shelter, tiap malam, termasuk memimpin shalat tarawih dan ceramah di Mushola Al-Falah KJRI HK di Leighton Street, Causway Bay, yang berjarak sekitar 100 meter dari Kantor DDHK.

Tim asatidz juga sibuk melayani konsultasi via telepon selama mereka berada di HK. Pertanyaan via SMS terus mengalir, seakan tak pernah kenal waktu, menjadi “santapan rutin” asatidz.
Organisasi atau perkumpulan BMI di HK antara lain Persatuan Dakwah Victori(PDV), FSM, Koo Ti Hoo, Alfadhilah, Alistiqomah, IMWU, FKMPU, IWAMIC, dan shelter-shelter mitra DD yang tersebar di beberapa tempat, mulai causeway Bay, Wanchai, Kowloon, Jordan, Yau Mate, sampai ke pesisir Kota seperti Mae fu, Ching Yi , Tuin Mun, dan Macau.

Halaqoh harian diadakan di Masjid Ammar Wanchai, Kowloon Park, dan Taman Victoria Park.  (By Romeltea, Hong Kong).*

Foto: Tim asatidz DDHK & KJRI melakukan rihlah di tengah padatnya jadwal ceramah dan konsultasi ke Ngong Ping Village dan ikon Hong Kong lainnya (23/8).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *