Wednesday, November 21, 2018
Beranda > Mutiara Hikmah > Sedekah Takkan Mengurangi Harta, Itu Jaminan Allah

Sedekah Takkan Mengurangi Harta, Itu Jaminan Allah

Sedekah takkan mengurangi harta. Itu jaminan Allah SWT. Bahkan pengusaha sukses non-Muslim, seperti Dave Thomas (pendiri Wendy’s) dari Amerika pun percaya: the more you give the more you get in return!

Sedekah (giving) berupa harta, ilmu, atau tenaga akan mendatangkan keberkahan dengan bertambahnya harta, ilmu, dan kekuatan.

Berikut ini sejumlah dalil tentang sedekah takkan mengurangi harta sebagaimana terangkum dalam Riyaduh Shalihin,  kitab kumpulan hadits yang berarti “taman orang-orang shalih” karya Imam Nawawi.

“Allah Ta’ala berfirman: Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya ada yang berinfak kepadamu.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

“Harta tidak akan berkurang karena shadaqah. Allah pasti akan menambah kemuliaan seseorang yang suka memaafkan. Juga tidaklah seseorang itu merendahkan diri karena Allah, melainkan ia akan diangkat pula derajatnya oleh Allah ‘Azzawajalla.” (HR Muslim).

Dari Abu Kabsyah, yaitu Umar Ibn Sa’ad al-Anmari ra. bahwasannya ia mendengar Rasulullah saw. bersabda:

“Ada tiga perkara yang aku bersumpah atasnya dan aku memberitahukan kalian suatu Hadis, maka peliharalah: Tidaklah berkurang harta seorang hamba karena shadaqah, tidaklah seorang hamba dizalimi dengan suatu kezaliman dan ia bersabar, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya, juga tidaklah seorang hamba membuka pintu permintaan, melainkan Allah akan membuka untuknya pintu kemiskinan,”

atau sabda Beliau saw. merupakan kalimat lain yang senada dengan uraian di atas.

Dan memberitahukan kalian suatu Hadis, maka peliharalah:

Sesungguhnya dunia ini untuk empat macam golongan orang, yaitu: Seorang hamba yang dikaruniai rezeki oleh Allah berupa harta dan ilmu pengetahuan, kemudian ia bertaqwa kepada Tuhannya dan mempererat hubungan kekeluargaan serta mengetahui haknya Allah dalam apa yang dimilikinya itu, maka ini adalah kedudukan terbaik, juga seorang hamba yang dikaruniai ilmu pengetahuan tetapi tidak dikaruniai harta, dan ia jujur dengan niatnya ketika berkata: Seandainya aku mempunyai harta, niscaya aku akan melakukan sebagaimana yang dilakukan si Fulan itu, maka orang tadi karena keniatannya, pahalanya sama dengan orang yang akan dicontohnya.

Ada pula seseorang hamba yang dikaruniai harta tetapi tidak dikaruniai ilmu pengetahuan, ia tersesat dengan hartanya itu tanpa ilmu, ia tidak bertaqwa kepada Tuhannya, dan tidak menyambung sanak familinya, bahkan tidak pula mengetahui hak Allah dalam hartanya itu. Inilah seburuk-buruknya kedudukan. Juga seorang hamba yang tidak dikaruniai harta dan tidak pula ilmu pengetahuan, lalu ia berkata: Seandainya aku mempunyai harta, pastilah aku akan berbuat sebagaimana perbuatan si fulan. Itulah niatnya, maka dosa keduanya sama. (HR. Tirmizi). Wallahu a’lam. (ed/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *