Beranda > Hong Kong > Sempat Dilaporkan Hilang di Hong Kong, Cunengsih Akhirnya Bisa Pulang ke Indonesia

Sempat Dilaporkan Hilang di Hong Kong, Cunengsih Akhirnya Bisa Pulang ke Indonesia

HONG KONG – Masih ingat Cunengsih, pekerja migran Indonesia (PMI) Hong Kong yang sempat dikabarkan hilang, tidak pulang ke rumah majikannya? Setelah kemudian ditemukan di salah satu rumah sakit di Negeri Beton, Cunengsih akhirnya bisa pulang ke kampung halaman.

Kabar tersebut diperoleh dari akun resmi Facebook page KJRI Hong Kong, Sabtu (9//5/2020). “Semalam, Cunengsih telah tiba dengan selamat di Indonesia dan diserahterimkan kepada BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) untuk dibantu perjalanan ke kampung halamannya di Subang, Jawa Barat,” tulis KJRI Hong Kong.

KJRI juga menyantumkan komentar Nani, adik Cunengsih, yang membenarkan hal tersebut. “Alhamdulillah, kakak saya Cunengsih sudah tiba di rumah dengan selamat.” Nani juga menyampaikan bahwa pihak keluarga menyampaikan banyak terima kasih kepada KJRI dan para PMI rekan-rekan Cunengsih di Hong Kong.

Kasus Cunengsih berawal, sekitar tanggal 25 Februari lalu, KJRI menerima laporan hilangnya seorang PMI bernama Cunengsih di daerah Tsim Sha Tsui. Majikan dan rekan-rekan Cunengsih mencari kesana kemari karena tidak ada kabar dari PMI asal Subang itu.

Atas laporan tersebut, Tim Satgas Perlindungan KJRI Hong Kong segera bergerak melakukan pencarian dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian Hong Kong. Berkat kerjasama yang baik, Cunengsih berhasil ditemukan di salah satu Rumah Sakit di Kwun Tong. Namun, Cunengsih harus menjalani perawatan di RS tersebut.

Sejak ditemukan, Tim Satgas selalu memantau perkembangan kesehatan Cunengsih. “Setelah dirawat selama kurang lebih 2 bulan, kemarin (7/5) Cunengsih akhirnya dinyatakan sehat dan diperbolehkan kembali ke Indonesia. Guna memastikan kondisi tersebut KJRI membantu persiapan pemulangan, termasuk memastikan hak-haknya terpenuhi,” tulis KJRI.

Terkait kasus ini, Konsul Jenderal Ricky Suhendar menyatakan bahwa ini merupakan bagian tak terpisahkan dari tugas pokok dan fungsi KJRI Hong Kong di bidang perlindungan warga negara Indonesia. “Segera lapor kalau ada PMI yang hilang, sakit, atau ada masalah lain. Kita akan all out berikan bantuan,” ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan, Cunengsih tidak pulang ke rumah majikan saat berlibur pada hari Ahad, 23 Februari 2020. Ia diduga menghilang, karena hingga beberapa hari kemudian juga tidak kunjung pulang. Pihak majikan yang panik dan tidak mendapatkan kejelasan setelah mencoba mencari tahu keberadaannya, kemudian melapor ke polisi.

Menurut rekannya, Cunengsih terakhir kali terlihat di Masjid Kowloon, Tsim Sha Tsui. Namun setelah dicari-cari oleh Nani, adiknya, tidak juga ditemukan. Berita hilangnya Cunengsih pun sempat heboh di beberapa grup media sosial Komunitas PMI Hong Kong. [DDHKNews/sumber foto: KJRI Hong Kong]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *