Beranda > Hong Kong > Sesama Muslim Wajib Saling Peduli

Sesama Muslim Wajib Saling Peduli

HONG KONG – Sebagai Muslim kita memiliki kewajiban untuk peduli kepada sesama Muslim. Hal itu disampaikan Ustadz Donny Meilano, saat memberikan tausiyah di pengajian yang digelar oleh Majelis Uswatun Hasanah diTsim Sha Tsui dan Majelis Jama’ah Roudlotul Qolbiyah (JRQ) di Yuen Long, Rabu (27/3/2019).

“Sebagai Muslim yang baik, kata Rasulullah SAW ada enam kewajiban kita untuk saling menghargai, menghormati, dan saling peduli,” kata Ustadz dri Corps Dompet Dhuafa (Cordofa) tersebut.

Diantara kewajiban itu, ungkap Ustadz Donny, mengucapkan salam saat berjumpa.  Sebab, ucapan salam bermakna doa keselamatan. “Jadi ketika seseorang memberikan salam kepada sahabatnya, lalu dia membalas salamnya, di situlah ajaran dimana kepedulian satu sama lain dengan saling mendoakan,” ujarnya.

“Jangan sampai juga kita memberikan salam namun masih ada ucapan-ucapan yang membuat sahabat kita tersinggung. Inti dari memberikan salam adalah memberi jaminan keselamatan dari lisannya dan keselamatan fisik dari yang akan dilakukan. Itulah salah satu akhlak dan adab seorang Muslim kepada saudaranya,” kata Ustadz asal Palembang ini.

Kewajiban lain, apabila saudaranya meminta nasehat maka harus diberikan. “Karena kita tahu setiap orang punya masalah. Setiap orang ingin mencurahkan isi hatinya dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup. Maka sebagai Muslim yang baik kita memberikan motivasi dan solusi, sehingga saudara kita optimistis dan semangat dalam menghadapi hidup,” ucap Ustadz Donny.

Diantara kewajiban tersebut, menjenguk orang sakit. “Ketika saudara kita sakit maka sudah sepatutnya kita datang untuk menghibur, memberikan semangat, dan motivasi bahwa setiap sakit ada obatnya,” ujarnya.

Yang perlu diperhatikan dalam menjenguk orang sakit, tidak perlu menanyakan jenis penyakitnya secara detail. Sebab, itu akan menambah kesedihannya.

“Bagi saudara kita yang sakit, yang terpenting dari kunjungan kita adalah mendoakan, karena bagi orang sakit oleh-oleh terbaik adalah doa, karena harapan orang sakit tidak minta yang lain, hanya sehat yang diharapkan,” kata Ustadz Donny. [Riana]

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *