Beranda > Dunia Islam > Singapura Luncurkan Aplikasi iPhone Waktu Salat dan Arah Kiblat

Singapura Luncurkan Aplikasi iPhone Waktu Salat dan Arah Kiblat

iPhone

Crescentrating, sebuah perusahaan yang berlabel ‘halal’ atau Islam-compliant untuk hotel dan perusahaan perjalanan lainnya yang berhubungan, merencanakan membuat aplikasi gratis yang disebut Trips Crescent.

“Aplikasi ini akan tersedia untuk smartphone Android dalam beberapa bulan,” kata kepala eksekutif Crescentrating, Fazal Bahardeen.

Seperti dikutip detik.com dari Arab News, Rabu (14/8/2013), perusahaan yang berbasis di Singapura ini telah meluncurkan sebuah aplikasi iPhone untuk mengingatkan umat Islam akan waktu salat dan ke arah mana mereka harus menghadap (kiblat) bahkan ketika berada di ketinggian 35.000 kaki di udara.

Aplikasi ini juga termasuk audio azan dan doa untuk mengingatkan penggunanya akan kewajiban menunaikan salat lima kali sehari pada jam-jam tertentu, doa-doa juga dapat mereka baca ketika melakukan perjalanan.

Wisatawan juga akan mendapatkan rincian penerbangan dan disediakan pula penanda waktu salat selama perjalanan mereka, serta arah kota suci umat Muslim yaitu Makkah.

Perusahaan menilai bahwa wisatawan Muslim merupakan pasar terbesar yang belum dimanfaatkan untuk industri perjalanan saat ini, dan diperlukan ruang yang begitu besar untuk itu.

“Para wisatawan Muslim mungkin adalah pasar terbesar yang belum dimanfaatkan di industri perjalanan saat ini,” kata Kepala Operasional Crescentrating Dany Bolduc.

“(Kebutuhan) Ini sungguh belum dipenuhi dan juga seharusnya diberikan ukuran yang besar dan potensial dalam pasar ini,” tambahnya.

Menurut sebuah studi yang dirilis tahun lalu oleh Crescentrating dan DinarStandard, sebuah perusahaan yang berbasis di AS yang melacak pasar gaya hidup Muslim menemukan bahwa pengeluaran wisatawan muslim tumbuh lebih cepat daripada tingkat global dan diperkirakan akan mencapai USD 192 miliar pada tahun 2020, naik dari USD 126 miliar pada tahun 2011. (Arabnews.com/detik.com).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *