Monday, December 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Tajikistan Bangun Masjid Terbesar di Kawasan Asia Tengah

Tajikistan Bangun Masjid Terbesar di Kawasan Asia Tengah

Pemerintah Tajikistan membangun sebuah masjid agung baru di ibukota Dushanbe. Peletakan batu pertamanya, Rabu (5/10), dihadiri Presiden Tajikistan, Emomali Rahmon. Pembangunan masjid bernama “Masjid Tajikistan” ini dijadwalkan selesai dalam waktu tiga atau empat tahun dan akan menjadi masjid terbesar di kawasan Asia Tengah.

Masjid Tajikistan yang dirancang untuk mampu menampung 100-150 ribu orang itu akan menelan biaya total senilai US$ 100 juta, 30 juta di antaranya sumbangan pemerintah Tajikistan, dan bantuan pemerintah  Qatar dan Uni Emirat Arab.

Masjid ini akan dilengkapi menara setinggi 65 meter dan sebuah kubah berukuran 47 meter. Di dalam masjid akan dibangun ruang perpustakaan, ruang pertemuan, ruang shalat besar dan kecil.

“Masjid ini diharapkan dapat menampung sekitar 150 ribu orang,” kata seorang jurubicara Presiden Tajikistan.

Masjid yang akan dibuat tersebut akan mencerminkan arsitektur tradisional Tajikistan dan dibangun pada ruang sebesar 7,5 hektar (18,5 ecar) di tengah-tengah ibukota Dushanbe.“Masjid akan dihiasi dengan sebuah menara megah, dengan tujuh kolom yang dicat, melambangkan tujuh langkah Allah menciptakan dunia dan tujuh gerbang ke surga, serta waduk air dan air mancur, yang akan menjadi saksi bahwa Tajikistan sebagai negara dengan air yang murni,” kata juru bicara kepresidenan.

Tajikistan, salah satu negara bekas Uni Soviet, memperoleh kemerdekaannya tahun 1991. Menurut CIA Fackbook, 90% dari 7,2  penduduk Tajikistan adalah Muslim. (Mel/BBC/IoL/RoL/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *