Wednesday, January 16, 2019
Beranda > Indonesia > TKI di Singapura & Malaysia Dapat Libur

TKI di Singapura & Malaysia Dapat Libur

Pemerintah Singapura dan Malaysia telah menyepakati untuk memberikan hari libur satu hari dalam sepekan, kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Pemerintah Indonesia menyambut positif keputusan tersebut, sebagai bentuk menghargai hak para TKI untuk merasakan kebebasan.

“Saya kira itu sangat positif, selama ini tenaga kerja Indonesia di Singapura kami kira secara keseluruhan diperlakukan dengan baik, dan ada kepastian hukumnya, cukup bisa kita katakan positif,” kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Meskipun TKI di Singapura kerap kali mendapat perlakuan tidak adil, namun jumlah itu tidak signifikan dibanding dengan Malaysia dan Arab Saudi.

“Meskipun tentu ada satu-dua kasus, insiden yang tidak mencerminkan posisi pemerintah Singapura itu sendiri,” kata Marty, “namun dengan adanya kebijakan yang berlaku secara menyeluruh, yang secara resmi memberikan satu hari libur dalam satu minggu, kami kira sesuatu yang kita sambut dengan baik,” tambahnya.

Waktu satu hari untuk bebas dari pekerjaan TKI, kata Marty, dapat dimanfaatkan untuk beristirahat dan menghibur diri dari kepenatan pekerjaan yang menekan selama sepekan.

“Jelas memberikan peluang bagi TKI untuk tak hanya beristirahat, tapi juga bisa meningkatkan keterampilannya, karena di KBRI kita menyelenggarakan program pelatihan peningkatkan keterampilan bahasa, dan lain-lain. Sehingga ketika mereka kembali ke tanah air, sudah lebih baik lagi kapasitasnya,” harap Marty.

Di Malaysia, pengaturan hari libur untuk TKI telah diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pemerintah RI dan Malaysia.

“Di Malaysia kita sudah melakukan secara bilateral, ketika kita menandatangani MoU dengan Malaysia tentang upah minimun, kepemilikan paspor, dan komitmen memberikan hari libur dalam satu minggu,” kata Marty. (Inilah.com)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *