Beranda > Dunia Islam > Tokoh Ikhwanul Muslimin Siap Calonkan Diri sebagai Presiden Mesir

Tokoh Ikhwanul Muslimin Siap Calonkan Diri sebagai Presiden Mesir

DDHK News – Tokoh Islamis Mesir, Abdel Moneim Aboul-Fotouh, mengatakan dirinya “serius” mempertimbangkan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu demokratis pertama setelah penggulingan Presiden Hosni Mubarak pada Februari lalu.

Aboul-Fotouh, mantan anggota biro eksekutif Ikhwanul Muslimin, akan melakukan survei di website untuk mengukur dukungan pencalonannya. Ia menulis dalam sebuah editorial yang diterbitkan di harian Mesir, El-Shorouk.

“Saya telah memutuskan untuk berpikir serius tentang pencalonan sebagai presiden,” tulisnya. “Kita tidak dapat menyangkal bahwa kita perlu kepemimpinan yang kuat.”

Mantan Menteri Luar Negeri Mesir yang kini Sekjen Liga Arab, Amre Moussa, dan mantan direktur Badan Energi Atom Internasional, Mohamed ElBaradei, termasuk di antara mereka yang telah mengumumkan rencana untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Ikhwanul Muslimin, kelompok oposisi terbesar Mesir di bawah Mubarak, tidak berencana mengajukan kadernya sebagai calon presiden. Pemimpin senior Essam El-Erian mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan televisi milik pemerintah pada 14 Maret.

“Islamis di Mesir adalah satu-satunya kekuatan politik dengan dukungan rakyat yang kuat,” tulis Aboul-Fotouh.

Aboul-Fotouh, 59, adalah anggota Dewan Pembina Ikhwanul Muslimin antara 1987 dan 2009 dan kini menjabat Sekretaris jenderal Persatuan Dokter Arab. (Mel/Arabian Business/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *