Beranda > Hong Kong > Training EDP DDHK Launching Buku ‘Meretas Jalan Kemandirian’

Training EDP DDHK Launching Buku ‘Meretas Jalan Kemandirian’

meretas jalan kemandirian-adi candra

meretas jalan kemandirian-adi candraDDHK News, Hong Kong — Guna meningkatkan kepemimpinan dan entrepreneurship serta program up grade voulunteer dan alumni Migrant Institute Dompet Dhuafa Hong Kong (MI DDHK), Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) bekerja sama dengan Masyarakat Mandiri (MM) dan Migrant Institute (MI) mengadakan training Entrepreneurship Development Programme (EDP) selama dua hari.

Training pertama diadakan di Houtung School, Ahad (10/3), dan training kedua rencananya akan berlangsung di Masjid Ammar Wanchai Lt.6, Ahad (17/3).

Pertemuan pertama training diikuti oleh ratusan Buruh Migrant Indonesia (BMI) yang terdiri dari voulenteer DDHK, siswa MI DDHK (BMI Hong Kong), dan perwakilan organisasi BMI HK. Tampak hadir General Manager DDHK, H. Ahmad Fauzi Qosim dan Direktur Eksekutif MI, Adi Chandra Utama sebagai pembicara.

Ketua panitia, Khoiriyah Anwar, dalam sambutannya berharap kepada para peserta training bisa lebih kreatif dan inovatif.

GM DDHK di awal sambutannya mengambarkan seorang voulenteer harus siap mengkondisikan dirinya pada setiap keadaan ketika menghadapi permasalahan.
Menurut Ust. Fauzi, indikator kesuksesan voulunteer adalah ketika ia bisa memberdayakan dirinya sendiri dan orang lain.

“Untuk itu para voulenteer perlu bekal training untuk meningkatkan kapasitas diri untuk diaplikasikan di tanah air,” ujarnya. “Eks voulenteer yang bingung sekembalinya ke tanah air karena tidak adanya perencanaan dan tidak adanya link atau teman usaha. Melihat kendala itu, Dompet Dhuafa membentuk program KAMI, Komunitas Alumni Migrant Institute, untuk mendampingi eks volunteer membuka usaha di Indonesia.”

Adi Chandra dalam paparannya menegaskan, sukses di negeri rantau mulia di negeri sendiri bukan sekadar ungkapan. Ia mengisahkan perjuangan beberapa eks volunteer yang mulai merintis dan sedang mengembangkan usahanya di Indonesia dalam sebuah buku berjudul Meretas Jalan Kemandirian.

Buku Meretas Jalan Sukses di-launching di sela-sela training EDP. “Buku ini hanya beberapa kisah dari eks voulenteer yang diketahui MI. Kami yakin masih banyak eks volunteer lainnya yang sudah atau mulai mengembangkan usahanya di tanah air yang belum MI ketahui,” terang Adi.

Buku ini merupakan kumpulan kisah nyata perjuangan eks volunteer DDHK dalam kurun waktu 2006-2010. Adi berharap, buku ini bisa menjadi inspirasi bagi para voulenter.

“Ini adalah buku Jilid I. Saya berharap akan ada buku Jilid II tentang kesuksesan kalian nantinya di tanah air,” ujarnya. (denok tri/localhost/project/personal/ddhongkong.org/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *