Beranda > Hong Kong > ‘Tujuh Amalan Sunah yang Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah’

‘Tujuh Amalan Sunah yang Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah’

sunah rasulDDHK News, Hong Kong – Setidaknya ada tujuh amalan sunah yang tak pernah ditinggalkan Rasulullah Saw, yaitu shalat tahajud, tadabur Al-Qur’an, shalat Subuh berjamaah, shalat Dhuha, sedekah, menjaga wudhu, dan dzikir.

Demikian dikemukakan Ustadz Muhammad Muslih Aziz (Majelis Az-Zikra Depok) dalam acara Halal Bihalal dan launching buku Keajaiban Tujuh Sunah Harian Nabi Saw di Masjid Jami’ Tsim Sha Tsui (TST) Kowloon Hong Kong, Ahad (23/9), yang diadakan Perpustakaan Muhasabah BMI Hong Kong.

“Shalat tahajud bisa mereformasi diri. Tadabur Al-Qur’an bisa mereformasi diri. Shalat shubuh berjamaah bisa meraih kemuliaan. Shalat Dhuha bisa menjemput rezeki. Sedekah bisa mengundang berkah. Menjaga wudhu bisa menebar pesona. Terus berdzikir bisa damai setiap hari,”  jelas Ust. Muslih yang juga salah satu penulis buku tersebut.

Dikatakannya, Rasulullah Saw adalah manusia biasa seperti kita, hanya saja Allah memberikan keistimewaan pada beliau, maka alangkah baiknya kita sebagai manusia juga mencontoh perilaku Nabi dalam hal apa pun.

“Mereka yangg gemar menghidupkan sunah-sunah harian itu merupakan salah satu tanda bahwa mereka tergolong oang-orang cerdas yang mampu mengelola hidup sesaat dengan menghidupkan sunah kekasih-Nya,” imbuhnya.

Dijelaskannya, hikmah tahajud di antaranya dihindarkan dari segala bentuk bala, terpancarnya aura kesholehan, disukai dan dicintai orang sholeh, wajah selalu becahaya, dan menerima buku catatan amal dari tangan kanan. Nabi Saw juga tidak pernah melewatkan waktu setelah tahajud tanpa membaca A -Qur’an, begitu juga dengan shalat Subuh berjamaah di masjid.

Sebelum mengakhiri tausiyah, Ust. Muslih memberikan pertanyaan kepada jamaah dan memberikan kenang-kenangan yang sudah disiapkan oleh panitia. Acara ditutup dengan dzikir dan doa bersama. (Hana Zhera/Nisa Amelia/ddhongkong.org).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *