Monday, December 17, 2018
Beranda > Dunia Islam > Turki dan Mesir Dukung Zona Larangan Terbang di Gaza

Turki dan Mesir Dukung Zona Larangan Terbang di Gaza

DDHK News — Pemerintah Turki dan Mesir menyambut hangat dan mendukung pengajuan prakarsa Liga Arab soal pemberlakuan zona larangan terbang (no fly zone) di udara Jalur Gaza kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Qodsna (12/4) melaporkan, Ankara dan Kairo dalam statemen bersamanya secara resmi menyatakan mendukung prakarsa Liga Arab tersebut.

Disebutkan bahwa Liga Arab dalam sidangnya di Kairo Ahad (10/4), memberikan mandat khusus kepada kelompok Arab di PBB untuk mendesak Dewan Keamanan PBB dalam sidangnya membahas masalah penghentian serangan rezim Zionis Israel terhadap Jalur Gaza dan menetapkan larangan terbang di kawasan tersebut.

Serangan jet-jet tempur Israel ke Jalur Gaza, meningkat drastis secara mendadak bahkan kini Jalur Gaza melalui hari-hari sulit sejak perang selama 22 hari lalu.

Serangan Berhenti

Invasi Israel atas Jalur Gaza baru-baru ini dihentikan oleh Tel Aviv. Israel mengklaim penghentian ini disebabkan usulan gencatan senjata dari kelompok Palestina.

Namun, pakar militer dan ekomi Israel menilai anjloknya pendapatan sektor pariwisata dan masalah ekonomi yang membelit Israel sebagai pemicu utama penghentian serangan brutal itu.

Pengamat militer berkeyakinan, invasi militer Israel ke Jalur Gaza menyebabkan meningkatnya serangan roket balasan dari Palestina yang berdampaknya larinya investor, sekaligus memicu kekacauan iklim investasi yang memukul perekonomian Israel.

Situs Palestine Today menulis, para pejabat Zionis mengklaim kelompok Palestina mengusulkan gencatan senjata, karena sistem anti rudal Israel berhasil menangkal seluruh serangan roket Palestina. Namun realitas sebenarnya, kelompok Palestina tidak pernah mengusulkan gencatan senjata sebagaimana diklaim Tel Aviv, dan mereka tetap melanjutkan serangan ke wilayah Palestina pendudukan.

Eksalasi serangan roket Palestina ke distrik Zionis menyebabkan anjloknya sektor pariwisata Israel. Dewan Permukiman Zionis mendesak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Peperangan, Ehud Barak menghentikan serangan ke Jalur Gaza, karena mengkawatirkan meningkatnya serangan roket Palestina. (IRIB).*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *