Beranda > Hong Kong > WABAH CORONA DI HONG KONG DI LEVEL “SANGAT MENGKHAWATIRKAN”, DILARANG KUMPUL LEBIH DARI 2 ORANG

WABAH CORONA DI HONG KONG DI LEVEL “SANGAT MENGKHAWATIRKAN”, DILARANG KUMPUL LEBIH DARI 2 ORANG

HONG Kong menerapkan kebijakan pembatasan sosial yang sangat ketat. Termasuk, larangan makan di restoran dan larangan berkumpul lebih dari 2 orang di tempat umum.

“Kepala Sekretaris Matthew Cheung menggambarkan situasi virus corona di Hong Kong sebagai ‘sangat mengkhawatirkan’, demikian diberitakan RTHK, Senin (27/7/2020).

Para pejabat juga mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan jumlah tes di daerah-daerah yang terkena dampak parah seperti Tsz Wan Shan dan mencakup kelompok-kelompok rentan seperti penghuni panti jompo.

Cheung mengumumkan pada hari Senin bahwa pembatasan baru akan diberlakukan mulai hari Rabu selama 7 hari, karena adanya ratusan pasien baru dalam beberapa hari terakhir.

Langkah-langkah baru tersebut termasuk restoran yang hanya boleh menyediakan layanan takeaway. Juga, larangan pertemuan lebih dari 2 orang, diperketat dari 4 orang saat ini. Termasuk, kewajiban menggunakan masker di semua tempat umum, baik di dalam maupun di luar ruangan. Sedangkan tempat olahraga dan kolam renang ditutup sementara.

“Pengecualian terhadap aturan pertemuan publik akan berlaku bagi mereka yang berada dalam rumah tangga yang sama,” tulis RTHK.

Cheung juga meminta para pemilik perusahaan untuk mengizinkan karyawan mereka bekerja dari rumah, dan meminta seluruh warga Hong Kong untuk menghindari pertemuan publik yang tidak perlu.

“Ini seperti tarik ulur tiga arah, antara perlindungan kesehatan masyarakat di satu sisi; dampak ekonomi; dan akhirnya sisi lain dari persamaan, tentu saja, adalah penerimaan publik,” kata Cheung.

Sekretaris Makanan dan Kesehatan Sophia Chan mengatakan mereka akan memperluas pengujian karena lebih banyak kasus lokal dengan sumber penularan yang tidak diketahui sedang dilaporkan.

Terkait peraturan membuat masker wajah wajib di tempat-tempat outdoor, Menteri Dalam Negeri Caspar Tsui mengatakan, mengatakan hanya mereka dengan alasan yang masuk akal yang dibebaskan dari aturan tersebut. Contoh alasan yang masuk akal itu adalah makan dan minum, dan minum obat. Merokok tidak akan menjadi salah satu dari alasan yang dapat diterima. (sumber: RTHK)

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *