Beranda > Konsultasi Islam > Wirid Pendek Yang Banyak Manfaatnya

Wirid Pendek Yang Banyak Manfaatnya

Pak Ust. saya mau tau Doa/Wirid apa yang pendek tapi banyak manfaatnya dan bisa cepat terkabul hajat kita. terima kasih. (Indra, via pusdai.com).

JAWAB: Semua wirid banyak manfaatnya karena hakikat wirid adalah dzikir, puja-puji kepada Allah, dan doa. Anda bisa menggunakan Kalimah Thayibah –tasbih, tahmid, takbir, dst. Jika yang dimaksud wirid sesudah shalat, wirid pendek yang dicontohkan Rasulullah Saw antara lain:

Baca istighfar 3x, lalu baca “Allahumma antas salam wa minka salam tabaarokta Ya Dzal Jalaali wal Ikram” (Wahai Allah, Engkaulah yang Maha Sejahtera dan dari-Mu lah segala kesejahteraan, segala puji bagi-Mu, Wahai Yang Maha Agung dan Maha Mulia) (HR. Muslim).

Baca subhanallah 33x, alhamdulillah 33x, dan Allahuakbar 33x. ”Barangsiapa yang bertasbih setelah shalatnya sebanyak 33 kali, bertahmid 33 kali, bertakbir 33 kali, lalu menyempurnakan seratus dengan Laa Ilaaha Illallah Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahul Mulku wa Lahul Hamdu, Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodiir, maka segala kesalahannya akan diampuni walaupun sebesar buih di lautan.” (HR. Muslim). Wallahu A’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

6 thoughts on “Wirid Pendek Yang Banyak Manfaatnya

  1. ASALAMUALAIKUM..saya dri pati jawa tenggah..
    saya pingin nanya pak ustad.
    bagaimana caranya mengendalikan marah dan prasangka buruk trhadap istri saya yg saat ini sedang brada jauh dari saya dan krna jarak yang jauh dan kami berpisah lumayan cukup lama..mohon penjelasan nya.trimakasih.

    1. Wa’alaikumussalam. Allah melarang kita untuk keseringan berprasangka buruk. Itu, selain menyakiti pasangan, juga dapat menyakiti diri dan pikiran sendiri. Ketika Pak Supriyanto mengizinkan istri bekerja, menggantikan peran Bapak sebagai pencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, bapak harus ikhlaskan, ridhoi, dan doakan, agar istri Bapak tidak mengalami hal buruk dan selalu berada dalam lindungan dan jagaan Allah Ta’ala.

      Seandainya Bapak sangat terganggu dengan keadaan yang sekarang dihadapi, jika Admin boleh menyarankan, jika kontrak kerja per 2 tahunnya sudah selesai, mintalah istri untuk pulang. Dari sekarang samai hari kepulangannya, Pak Supriyanto bisa bersiap-siap untuk mengambil peran yang memang menjadi tanggung jawab suami, yakni mencukupi nafkah keluarga (anak dan istri). Bisa bekerja atau wirausaha, dengan modal dari tabungan sendiri atau pinjam/meminta dari istri.

      Selebihnya, perbanyak dzikir, mengingat Allah. Jangan selalu mengingat hal-hal buruk yang belum tentu dilakukan atau terjadi atas diri istri Bapak.

      Wallah a’lam

  2. pak ustadz saya maun tanya,saya pernah melakukan salah terus saya tobat.pertanyaannya apakah waktu diakhirat nanti masih ditanya pertanggung jawabannya

    terimakasih

  3. Pak ustad , saya mau tnya
    suami saya sering marah2 dan setiap dia marah selalu mengatakan cerai/talak..
    Tapi saat amarahnya reda saya tanya ” Mengapa kau tadi mngucpkan talak padaku , apa kamu serius dgn ucpanmu ?” . Tapi dia menjawab ” aku cuma becanda ” ..
    Apa talak itu sah? Dia mengucapkan itu berkali2

  4. ass. wr.wb pak ustad, mohon penjelasannya :
    1. Apakah sah perkawinan dimana pihak laki-laki mendustakan statusnya yang sebenarnya sudah beristri tapi mengaku lajang sementara syarat sah lainnya terpenuhi?.
    2. Pada akhirnya istri kedua (sebut saja A) mengetahui bahwa suaminya telah mempunyai istri sebelum dirinya, dan suami (sebut saja B) menyatakan telah menceraikan istri pertamanya (sebut saja C) sebelum mereka menikah meski belum bercerai secara hukum, sementara C mengakui dirinya masih istri yang sah tp tidak membantah pernah ditalak oleh B. Apakah salah jika A inginkan bukti kebenaran ucapan B maka meminta B mengurus perceraiannya dengan C secara hukum ke pengadilan agama sementara setelah C mengetahui B sudah menikah lagi, dirinya tidak mau diceraikan dengan alasan mereka telah mempunyai seorang anak.
    3. Apakah salah jika A menolak untuk bersedia dipoligami karena tidak pernah diberitahukan sebelumnya?
    Terimakasih sebelumya, wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *