Beranda > Konsultasi Islam > Yang Dimaksud ”Jangan Jual Ayat dengan Harga Murah”

Yang Dimaksud ”Jangan Jual Ayat dengan Harga Murah”

Di dalam AL-QURAN ada ayat yg mengatakan ”Jangan jual ayat2Ku dg harga murah”. Maksud kongkritnya ayat tsb apa? Mhn penjelasan. wass. 085861967XXX

JAWAB: Ayat yang Anda maksud, artinya, ”Janganlah kalian menjual ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit” (QS Al-Baqarah:41), juga “Mereka menukarkan ayat–ayat Allah dengan harga yang sedikit, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Alloh. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan” (QS At-Taubah:9).

Berdasarkan pendapat para ahli tafsir, makna konkretnya: (a)  kita jangan mengorbankan akidah (agama) demi kepentingan dunia, misalnya kekuasaan, harta, dsb. (b) Membuat ayat atau dalil palsu; pemikiran sendiri disebutkan wahyu. (c) Menyembunyikan ayat Allah atau kebenaran Ilahi. (d) tidak berhukum dengan hukum Allah.

Inti pendapat para ahli tafsir. Tafsir Jalalain: meninggalkan Al-Quran demi hawa nafsu atau kepentingan dunia. Tafsir Al–Qurthubi: mengganti ayat Allah (Al-Quran) demi perhiasan dunia.  Tafsir Ibnu Katsir: menolak mengikuti ayat Alloh karena digelincirkan oleh urusan–urusan dunia yang rendah. Jadi, intinya: menjual ayat Allah dengan harga murah = mengabaikan perintah Allah karena mengikuti hawa nafsu atau mengejar kesenangan duniawi. Wallahu a’lam.*

DDHK News
DDHK News adalah Website Dakwah dan Informasi Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) atau Dompet Dhuafa Association Ltd. DDHK adalah Cabang Dompet Dhuafa (DD) yang berkantor pusat di Jakarta (Indonesia). DDHK didirikan tahun 2004. Mendapatkan pengesahan dari pemerintah Hong Kong sebagai lembaga sosial-keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *